Home

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera !

Website ini saya buat dengan maksud sebagai dokumen “pribadi”, yang sekaligus juga sebagai arsip keluarga. Oleh karena isinya berkaitan dengan berbagai soal, maka juga bisa berfungsi sebagai kenang-kenangan bagi sanak-saudara keluarga saya (baik dekat maupun jauh), dan juga bagi anak-cucu di kemudian hari (sok tuir nih he..he..he..). Oleh karena itu, dalam arsip ini ada bagian-bagian yang berkaitan dengan sejarah hidup dan kegiatan-kegiatan saya, yang seperti halnya banyak orang lainnya juga, penuh dengan lika-liku kehidupan.

Dalam web ini, terdapat sebagian dari tulisan-tulisan, baik yang pernah disiarkan lewat (dan oleh) berbagai saluran informasi, maupun yang belum. Kumpulan tulisan-tulisan ini, yang mengangkat berbagai persoalan, merupakan bagian yang terbesar dan terutama dari web ini.

Jadi, website ini bisa merupakan semacam “buku”, yang isinya mengandung aspek-aspek yang bersifat biografi atau auto-biografi (red:ceritanye…, belum ksampaian kali!!!), dan sekaligus juga arsip tulisan dan bahan renungan tentang berbagai persoalan pendidikan, teknologi, agama, politik, ekonomi, sosial, moral dan kebudayaan dan lain-lain, di Indonesia maupun di luar sana. Di samping itu, website ini juga merupakan wahana untuk komunikasi dengan berbagai sahabat dan kenalan (atau bahkan juga yang belum kenal) serta masyarakat luas, setiap waktu. Karena “buku” atau arsip ini berbentuk website, maka bisa merupakan bahan bacaan yang hidup, yang selalu berubah terus dengan adanya bahan-bahan baru.

Di samping itu, website ini juga bisa mempunyai fungsi lain. Walaupun dengan cara lain setiap pemakai komputer dapat juga menggunakan Internet untuk mengikuti situasi Indonesia atau mencari bahan-bahan informasi tentang berbagai soal tentang artikel-artikel, materi-materi yang bermanfaat, website ini juga bisa dipakai untuk tujuan semacam itu, dan berbagai sarana untuk mengadakan hubungan-hubungan (links).

Namun, seperti sejarah hidup banyak orang lainnya, maka jelaslah bahwa apa yang tertulis dalam website ini hanyalah sebagian kecil sekali dari apa yang pernah terjadi dalam perjalanan hidup saya. Banyak soal yang bisa diceritakan, namun lebih banyak lagilah kiranya yang tidak bisa atau tidak perlu diceritakan, mengingat berbagai pertimbangan. Manusia adalah mahluk yang kompleks sekali, dan hubungan antara sesama manusia mengandung beraneka-ragam persoalan yang juga kompleks sekali.

Ketika umur kita makin lanjut, dan hari-hari yang tersisa makin berkurang juga, maka muncullah berbagai pertanyaan dan bahan renungan. Hidup ini untuk apa? Dalam alam semesta yang begitu besar dan rumit ini siapakah kita-kita ini, atau, sebenarnya kita ini apa? Alam semesta sudah berumur ribuan juta tahun, lalu apa artinya kehidupan kita yang kebanyakan hanya berlangsung tidak lebih dari seratus tahun saja? Terlalu banyak persoalan yang bisa direnungkan tentang masalah manusia, masalah di negeri kita, masalah dunia, dan berbagai masalah di semesta alam ini. Sebagian dari berbagai renungan ini dicoba untuk dipertanyakan dalam website ini. Dengan motto : belajar – berdo’a – berusaha – beramal (4B) yang senantiasa kita lakukan dalam mengarungi kehidupan yang fana di muka bumi ini, semoga hidup kita menjadi tidak sia-sia, malahan menjadi bermanfaat di dunia maupun di akhirat kelak.

Sesuai dengan kebutuhan dan juga perkembangan situasi di kemudian hari, website ini selanjutnya masih akan mengalami perubahan-perubahan, baik di bidang penampilannya maupun isinya.

Selamat membaca dan berselancar (red: laut kali berselancar, he … he … he…)

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,

Asep Jalaludin

Sebagai catatan : Anda boleh meng-copy/mengunduh artikel-artikel atau materi-materi dalam website ini dengan menuliskan sumbernya. Ok.

%d blogger menyukai ini: